06
Mar
08

Manfaat Blog & Potensi

Saya punya seorang teman di kampus saya (Fakultas Ilmu Komputer Univ.Indonesia). Dari dulu sejak saya semangat ngajakin orang ngeBlog, dia selalu antipati, meremehkan, dan mencibir dengan yang namanya blog. Entah hanya bercanda ato bukan, karena dia orangnya seneng bercanda juga, dia sering mengatakan bahwa ngeBlog itu cuma buang-buang waktu.

Benarkah begitu? Rasanya semakin ke sini, jumlah blogger Indonesia pasti selalu bertambah. Mengutip kata2 Bang Enda di sebuah episode Topik Minggu Ini-nya SCTV bahwa setiap akhir tahun, jumlah blogger Indonesia itu bertambah dua kali lipat (tolong koreksi jika salah). Apakah kita-kita para blogger baru itu cuma sekedar ikut-ikut tren seperti Friendster-an, dan yang baru sekarang Face Book-an, tapi beberapa bulan ke depan bakalan bosen dan males buat make-make yang seperti itu (pengalaman sih.. :-P)?

Entah apakah benar kita-kita bikin blog hanya ikut-ikutan tren saat ini, yang pasti semakin banyak orang yang sadar apa itu manfaat dan potensi blog. Salah satunya adalah sahabat saya Mustafa Kamal.

Mungkin ada yang bertanya kenapa saya sekarang jadi rajin mengisi blog saya? Jawabannya adalah karena kini saya sudah sadar bahwa begitu banyak manfaat dan potensi yang dimiliki oleh blog. Berikut beberapa hal yang berhasil menyadarkan saya akan potensi besar yang dimiliki blog:

1. Belum lama ini saya sering membaca artikel mengenai web 2.0 (apa itu web 2.0? insya Allah saya kan buat artikelnya kapan-kapan). Blog itu sudah termasuk berkategori web2.0, karena pada blog terdapat unsur kolaborasi antar pengunjung melalui berbagai fitur seperti komentar, shoutbox dll. Pada semua artikel yang saya baca itu, semuanya menjabarkan tentang begitu besarnya potensi blog nantinya dimasa depan.

Selengkapnya silakan baca di tulisannya, Manfaat dan Potensi Blog. Mudah-mudahan, setelah kita sama-sama menyadari besarnya manfaat yang kita dapet dari aktivitas ngeBlog, kita bisa ikut mengajak dan menyadarkan teman-teman kita untuk segera menjadi blogger. Mudah-mudahan pula, suatu saat nanti teman saya tadi bisa terbuka pikirannya untuk bersegera menjadi blogger.

Ayo ngeBlog!

Manfaat blog:
1. Sharing pengetahuan
2. Kenal banyak orang (yg blogger atau cuma sekedar lewat buat ngeliat artikel2 kita yg berguna)
3. Adu argumen (wah ini saya paling suka, apalagi kalau tentang Photoshop)
4. Pamer (bisa foto, hasil karya, atau benda2 lain yg bisa dibikin online)
5. Potensi pasar (menarik minat banyak orang untuk membeli ’servis’ – ingat bahwa blogging itu termasuk servis/jasa)

Buat poin yg terakhir, ada banyak sarana buat dapetin duit lewat blog.

http://www.ayongeblog.com/2007/12/26/mustafa-kamal-manfaat-dan-potensi-blog/

1 Response to “Manfaat Blog & Potensi”


  1. 1 kamal
    Maret 6, 2008 pukul 7:03 am

    wah… makasi ni udah di-refer. btw ni syapa yak??? angk 2007 ya? maaf ni kurang gaoel :p 🙂

    klo emang anak fasilkom07, mbok ya mari kita tukeran link


Tinggalkan Balasan

